Jumat, 16 Maret 2012

KOLAMNYA NGGAK KECIL



Waktu itu pas stadium general di kampus,

alih-alih merasa kreatif yaudah aku milih jurusan advertising.

sebagian mahasiswa kusak-kusuk bilang “duh tapi aku ga bisa gambar”

sebagian lagi bilang “aku ga bisa potosop”

pas waktu itu dibenak kita emang mikirnya kalo mau masuk

jurusan advertising tu ya harus 80 persen seniman lah..

yang autis gila, punya dunia sendiri, kerja ya sesuai sama mood.

di meja kerjanya banyak gambar-gambar keren

ato pasti koleksinya boneka karakter yang harganya mahal-mahal..

seiring waktu berlalu, waktu itu aku sadar..

etpertising ini kolamnya kecil (seenggaknya gitu, kata mas2

yang biasa bikin festifal iklan).

karena di industri ini circlenya ya itu-itu doang…

“Jadi gini ya adek2! festifal iklan “anu” adalah pintu kecil yang membukakan

pintu yang lebih besar”

ato kalo yang lebih heroik lagi bilang :

“bahkan kalo perlu jual keperjakaan demi entry sebuah festifal “anu”

karena ini keempatan yang gak dateng dua kali…”

awesome banget gak sih…

waktu itu aku pun mikir

aku butuh link disini dan aku ga bisa gambar, desein dll,

lalu jadilah aku AE (account executive)

Senyum sana-sini dapet kenalan bos-bos iklan

yah jadi volunteer festipal ga dibayar gapapa yang penting eksis

lama-lama kok bete juga abisnya gak ada AE Award sih..

yang dihargain cuman orang-orang divisi “creative” doang..

dan dengan label AE kok kayaknya pendapatku

jadi second oppinion diantara komunitas kuh…

Yudah kepaksa deh ikut award2an

pertamanya si cuman buat ngebuktiin

kalo misalnya aku juga bisa tuh naik panggung mesam-mesem

seenggaknya abis itu pendapatku juga bisa lebih didenger

lalu “eh kebetulan kali yaa

akhirnya menang di beberapa festipal terus jalan-jalan

dibayarin sama kampus buat join acara pestipal2 iklan itu,

trus diselametin temen-temen kampus kalok menang..

trus dapet piala, ato cuman dapet sertipikat..

ya ya yaa.. gitu de…

sampai waktu berjalan

dan aku banyak ngelamun…

jadi gini deehhh…

jadi kalo dunia periklanan itu kolamnya nggak kecil

karena ada ribuan mungkin puluhan ribu orang

yang kepengen join di industri ini

lalu kolam kecil itu siapa sih yang bikin?

mereka sendiri kok yang bikin

para bos2 periklanan dan orang-orang di pestipal iklan

dan mereka bikin kolam itu jadi sempit,

karena cuman orang itu-itu aja yang bisa nongol di panggung awarding nite

membawa sebuah karya keren atau justru scam…

(karya yang sifatnya cenderung masturbasi)

tolak ukur yang dibikin juri…

trus kita liat deh, anak-anak yang juga sedang merangkak menuju industri ini

dari sebuah universitas yang dosennya kadang kasi materi gak jelas

gak update, dan miskin fasilitas,

yang gak punya kesempatan buat nongkrong

sama orang-orang beken industri di cafe mahal ,

yang gak eksis yang gak menang lomba iklan

yang gak punya mac book, gak pake bebe…

ternyata aku baru sadar investasi di industri ini emang gak dikit..

buat dapetin piala-piala itu, buat nyari relasi disana-sini

buat dateng disetiap aksi sosial trus poto-poto (pake instagram dan ditweet)…

untuk menggalang followers…

seandainya aku balik lagi

di stadium general pemilihan jurusan waktu itu..

aku bakal ngobrolin lebih lanjut sama temen-temen

dan khususnya aku sendiri,

tentang memikirkan kolam yang luas,

tentang cara mengarunginya yang benar,

tentang tolak ukur yang mungkin bisa kita perjuangkan sendiri

tentang banyak hal yang telihat mewah dan digandrungi…

dan mungkin seengkaknya terkadang kita bisa benar-benar pakek hati

dan mengayuh harapan dengan merdeka

disebuah ‘bahkan lautan bukan cuman kolam,

dengan benar2 “creative”…

karena aturan adalah buatan manusia

dan setiap manusia memiliki kesempatan

meski dengan perjuangan yang berbeda-beda.

dengan caranya sendiri…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar